Jurusan Meteorologi – Kenapa Harus Jurusan Ini?

Apa Itu Jurusan Meteorologi?

Jurusan Meteorologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu mengenai gejala alam atmosfer dan kebumian, termasuk interaksi komponen-komponen lingkungan biologi, fisika, kimia dan pengaruh perilaku manusia pada berbagai segi kehidupan. Ilmu ini akan mengajakmu mempelajari perubahan cuaca, dinamika dan konsep iklim serta dampak perubahan iklim terutama bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi.

Selain itu meteorologi juga akan situs slot mempelajari gejala-gejala alam lainnya seperti angin topan, puting beliung serta berbagai bencana alam lain, mulai dari mengapa bencana tersebut dapat terjadi, juga usaha untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana tersebut.

Ilmu Meteorologi sendiri terbagi lagi menjadi Ilmu Meteorologi Pertanian (Menyangkut ilmu tanah, hidrologi, dan agronomi yang mempelajari efek cuaca dan iklim terhadap pertumbuhan tanaman), Meteorologi penerbangan (berhubungan dengan dampak cuaca pada lalu lintas udara), Meteorologi militer (riset dan aplikasinya dimanfaatkan untuk kepentingan militer, seperti memperhitungkan kondisi cuaca untuk taktik strategi tertentu, memastikan keamanan penerbangan pesawat militer, kapal militer, hingga aplikasi cuaca buatan untuk menyerang musuh), Hidrometeorologi (cabang meteorologi yang berhubungan dengan siklus hidrologi, suplai air, dan statistik hujan), Meteorologi maritim (Berhubungan dengan peramalan gelombang laut dan angin untuk operasi kelautan dan perkapalan).

Kenapa Jurusan Meteorologi?

Bagimu yang tertarik mempelajari perubahan iklim, perilaku bumi, dan dampaknya terhadap kehidupan seluruh makhluk yang ada di dalamnya, maka jurusan ini cocok untukmu. Dengan mempelajari Meteorologi kamu akan memahami fenomena-fenomena alam khususnya iklim dan cuaca, serta menganalisanya untuk membantu kehidupan manusia di beerbagai sektor.

Dalam bidang Arsitektur. Dengan pengetahuan meteorologi, para arsitek dapat mendesain bangunan-bangunan yang sesuai dengan kondisi iklimnya. Di Eropa karena sering terjadi salju bahkan badai, maka bangunan-bangunan atapnya dibuat dengan kemiringan tertentu agar salju tidak menumpuk.

Contoh lainnya adalah pada desain rumah Jepang. Ternyata penggunaan bahan baku kayu sebagai bahan utama rumah-rumah di Jepang juga disesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca di sana. Karena seringnya terjadi gempa, maka material terbaik yang dapat digunakan adalah kayu yang cenderung lebih lentur serta tahan guncangan.

Selain itu dengan mengambil jurusan ini, kamu juga dapat membantu pencarian Energi alternatif, sebab ilmu meteorologi memang digunakan untuk survei daerah-daerah yang potensial sebagai tempat pembangkit listrik tenaga matahari ataupun angin.

Pada bidang Pertanian, ilmu meteorologi bermanfaat dalam menganalisis dampak cuaca dan iklim terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil pertanian. Pada bidang kesehatan ilmu meteorologi dan ilmu kedokteran berguna dalam menganalisis penyakit-penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan musim, serta masih banyak lagi peran lain dari ilmu meteorologi ini, edufriends.

Deja una respuesta